14 June 2022 Wahyu Sumantri Sutiar, S.T berita

SUKABUMI,RADARSUKABUMI.com – 

Puluhan SMK swasta Kota Sukabumi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala (FKK) SMK Swasta Kota Sukabumi bergerak maju, dan membuktikan bahwa sekolah di SMK swasta itu berkualitas sama halnya dengan sekolah negeri.

Aksi nyata mereka buktikan dengan mengadakan Expo Pendidikan Sekolah Swasta Kota Sukabumi di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Pameran pendidikan terakbar tahun ini tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, Jumat-Minggu (3-5/5).

Ketua FKK SMK Swasta Kota Sukabumi Budi Supriadi mengatakan, pameran yang merupakan salah satu program kerja FKK SMK Swasta Kota Sukabumi ini digelar untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Juga melakukan visualisasi secara objektif dan akuntabel terhadap performance sekolah, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah swasta.

“Expo pendidikan ini sekaligus sebagai ajang promosi khususnya sekolah SMK swasta, karena kami juga tidak kalah dengan sekolah negeri baik dari prestasi akademik dan non akademik. Di bidang pembelajaran juga kita unggul,” ujar Ketua FKK SMK Swasta Kota Sukabumi Budi Supriadi kepada Radar Sukabumi.

Ditegaskan Budi, menjelang PPDB ini pihaknya ingin meningkatkan penerimaan siswa baru, sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan dalam dunia usaha dan industri. “Ya, salah satunya menghadapi teknologi 4.0 nanti,” terangnya.

Dijelaskan Budi, SMK swata di Kota Sukabumi berjumlah 28 anggota. Hanya saja yang mengikuti Expo Pendidikan Sekolah Swasta Kota Sukabumi hanya 26 sekolah saja.

“Target dari kegiatan ini tentunya adalah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah swasta bisa meningkat, dan sekolah swasta bukan lagi sebagai sekolah alternatif tetapi bisa sebagai sekolah pilihan,” tegasnya.

Expo Pendidikan Sekolah Swasta Kota Sukabumi dibuka langsung Walikota Sukabumi Achmad Fahmi. “Acara kemarin dibuka oleh Walikota Sukabumi, sementara untuk penutupannya oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jawa Barat (Jabar),” ucapnya.

Sementara itu, Farid Yaomal selaku guru SMK PGRI 1 Kota Sukabumi mengaku sangat antusias bisa mengikuti expo pendidikan ini. Apalagi expo ini kali pertama yang diselenggarakan khusus untuk SMK swasta di Kota Sukabumi. Berbagai persiapan dilakukan maksimal, mulai dari konsep hingga menyiapkan siswa yang akan tampil di acara tersebut.

“Untuk stand kita konsepnya lebih menampilkan salah satu program hasil karya murid kita yang ada di jurusan TKJ tentang simulator jaringan komputer sebagai media pembelajaran jaringan client server, dan alhamdulillah banyak yang kagum termasuk Walikota Sukabumi,” katanya.

Selain itu, di standnya juga terpajang miniatur sekolah. “Sehingga masyarakat yang datang ke standnya itu bisa melihat sekolah kita melalui miniatur,”ulasnya.

Farid menargetkan, tahun ini ia bisa menerima siswa baru sebanyak sepuluh rombel (ruang kelas, Red) atau sekitar 360 murid.

“Targetnya bisa menarik siswa baru menjelang PPDB ini dan jumlahnya sama seperti tahun kemarin itu kita menerima sampai sepuluh kelas,” tutupnya.

(wdy)

https://radarsukabumi.com/berita-utama/sekolah-di-smk-swasta-berkualitas-promosi-sekolah-via-expo-pendidikan/