14 June 2022 Wahyu Sumantri Sutiar, S.T berita

KUNINGAN I Pelita Online I-Fitur Utama   Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, H Deden Saeful Hidayat, mengemukakan, Pameran Pendidikan Kejuruan Provinsi Jawa Barat (Jabar) “Epitech XIII Jabar 2019”  bertempat di Terminal Tipe A Kertawangunan Kabupaten Kuningan, alhamdulillah berjalan lancar. Dibanding penyelenggaraan sebelumnya, expo pendidikan kali ini dinilai sukses

“Hal ini terlihat dari banyak mendapat dan apresiasi dari berbagai kalangan.dibanding sebelumnya, Epitech XIII 2019 di Kabupaten Kuningan dinilai paling gebyar,”katanya

Terbukti dari pengunjung yang datang bukan saja dari kalangan orang dewasa, juga anak-anak TK hingga SMA/sederajat turut menyaksikan pameran pendidikan kejuruan dengan menampilkan rekayasa teknologi dari produk unggulan sekolah masing-masing.  


Dikatakannya, para pengunjung dari kalangan pelajar itu dapat menyaksikan langsung perkembangan teknologi yang dipamerkan oleh para siswa SMK untuk bahan pembelajaran sebagai generus bangsa di masa mendatang,” katanya dalam acara penutupan “Epitech XIII Jabar 2019.

Kemudian yang juga menarik pengunjung, menurut dia, adalah dengan adanya bursa kerja khusus (BKK) yang menghadirkan 32 perusahaan bertaraf nasional dan internasional. Sehingga membuka kesempatan bagi lulusan SMK untuk bisa mengikuti proses perekrutan tenaga kerja di perusahaan tersebut.

“Dalam kesempatan tersebut, dari 5.000 lebih pendaftar yang turut dalam BKK sebanyak 2.000 lebih di antaranya direkrut oleh perusahaan tersebut. Sehingga pelaksanaan Epitech XIII 2019 di Kuningan dinyatakan sukses besar sehingga perlu ditindaklanjuti dalam pelaksanaan berikutnya,” kata Deden

.Rencananya, tahun depan Epitech XIV akan diselenggarakan di Kota/Kabupaten Sukabumi. Acara penutupan berlangsung meriah, diisi penampilan kesenian dan pencak silat dari Sukabumi.

Pada kegiatan tersebut, secara simbolis Ketua Epitech XIII 2019 Jabar, Saidun, menyerahkan lambang gunungan kepada Wakil Bupati Kuningan H M. Ridho Suganda. Selanjutnya diserahkan kepada Kabid SMK Provinsi Jabar untuk diberikan kepada Ketua MKKS SMK Kota Sukabumi, Dadang Kumis, sebagai penanda tahun depan Kota Sukabumi sebagai pelaksana Epitech Jabar.

Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda sangat mengapresiasi kegiatan Epitech ini. Hal ini menjadi ajang pembuktian bahwa siswa SMK mempunyai daya saing dan keahlian yang unggul sehingga ke depan bisa ikut membangun Pemerintah Kabupaten Kuningan.

“Pelaksanaan Epitech di Kota Sukabumi harus lebih gebyar, paling tidak sama dengan Kuningan. Kami bersama teman-teman SMK yang ada di Kota Sukabumi akan berembug,”ucapnya (cak)

https://www.pelitaonline.co.id/epitech-xiii-2019-di-kabupaten-kuningan-dinilai-paling-gebyar/